Rekoleksi Para Novis SSpS Timor Menjelang Pesta Pelindung Komunitas Novisiat

Menjelang pesta pelindung Novisiat yaitu Hari Raya Kristus Raja Semesta Alam, 16  suster Novis SSpS Timor (10 Novis I dan 6 Novis II)  mengadakan rekoleksi  pada tanggal 22-24 November 2023  di Rumah Novisiat Halilulik. Para suster Novis II yang sedang mengalami praktek di komunitas-komunitas pun berkumpul untuk melaksanakan kegiatan ini. Rekoleksi ini dibuka pada 22 November malam dan ditutup pada tanggal 24 siang, dengan pembimbing rekoleksi Sr. Fridolianti Seran, SSpS  (Magistra Novis) dan dan Sr. Filomena Bui, SSpS (Pendamping Novis)

Tema Umum rekoleksi adalah: “DIA SETIA MENUNGGU-KU” dengan inspirasi Biblisnya  dari Injil Yohanes 1:35-4. Kami juga dituntun untuk merenungkan beberapa sub tema kecil yang sangat berkesan dan  sekaligus menantang kami untuk melihat kehendak Tuhan dalam diri kami.

Hari pertama kami mendalami tema “APAKAH YANG KAMU CARI?” Untuk menjadikan tema ini bagian dari diri kami,  maka kami dituntun melalui kontemplasi terbimbing, refleksi, sharing bersama dan input-input yang membantu kami untuk menjawabi pertanyaan “apa yang di cari sebagai seorang Novis?”

Sr. Fridolyanti Seran, SSpS dan Sr Filomena Bui SSpS membantu kami dengan dinamika sederhana agar kami bisa menemukan jawabannya. Kami diminta untuk memilih salah satu barang yang sudah disiapkan yang sangat menarik mata dan menyenangkan hati. Kamipun membiarkan diri untuk dibimbing oleh Roh ke mana Ia  menuntun kami untuk berlangkah.

Hari kedua kami mendalami tema;“BAGAIMANA ENGKAU MENGENAL AKU?” yang didasarkan pada perjumpaan awal Natanael dengan Yesus  dalam kisah Injil Yoh 1:45. Di sini, kami diajak untuk menyadari dan merasakan bagaimana Yesus mengenal diri  secara pribadi lebih dalam daripada kami mengenal diri kami sendiri. Dia mengenal kami secara utuh dan sempurna. Sesi ini di akhiri dengan beberapa pertanyaan penuntun yang membantu kami untuk melihat diri sejauh mana kami secara pribadi telah mengenal Yesus dan sesama yang ada di sekitar kami?

Setelah makan siang kami melanjutkan rekoleksi dengan berziarah ke Gua Maria Lokomea-Lurasik, 30 menit perjalanan dari komunitas Novisiat-Halilulik. Di sana kami berdoa Rosario dan merayakan Ekaristi kudus bersama Romo Ino Bere Nahak, Pr.  Sebelum merayakan Ekaristi Kudus kami mendapat pelayanan sakramen pengakuan dari Rm. Ino Bere. Setelah perayaan ekaristi kami pun kembali ke Novisiat-Halilulik

Hari ketiga, kami mendalami sebuah tema yang juga menarik untuk direfleksikan yakni “AKU DAN KOMUNITAS”. Tema ini menghantar kami untuk semakin menyadari akan pentingnya hidup berkomunitas yang mana di dalamnya terdapat orang-orang yang dipanggil khusus untuk menjadi pengikut-Nya yang juga masih manusia yang memiliki kelebihan dan keterbatasan.

Rekoleksi pun ditutup pada hari Sabtu, 25 November tepat pukul 11.30 dengan ibadat singkat yang dipimpin oleh Sr. Carla dan Sr. Febri. Dalam ibadat ini, kami di ajak untuk mengungkapkan komitmen untuk di pertanggung jawabkan dalam hari-hari hidup selanjutnya. Selama dalam hari-hari rekoleksi kami juga mengadakan adorasi setiap malam dari jam 20.00-20.45.

Puncak dari Rekoleksi adalah kami merayakan Pesta Kristus Raja Semesta Alam Pelindung Komunitas Novisiat pada hari Minggu, 26 November. Kami merayakan Ekaristi Kudus bersama para suster Komunitas Halilulik. Perayaan Ekaristi di pimpin oleh P. Aris Gah, SVD. Dalam homilinya Pater mengatakan bahwa Yesus Gembala yang baik adalah Alfa dan Omega, Awal dan Akhir hidup kita. Karena itu, sebagai pengikut-Nya diharapkan agar kita selalu taat dan berpasrah pada kehendak-Nya dan membiarkan Yesus merajai hati kita. Bagaimana Ia bisa merajai hati kita, kalau di dalamnya ada iri hati, dengki  dan dendam? Lebih lanjut Pater Aris mengatakan, “Setiap kita dipanggil untuk menjadi raja atas dirinya sendiri dengan cara: setia tekun untuk berproses dengan diri, sikap mengendalikan diri terhadap godaan-godaan dan tidak mudah menyerah.

Perayaan Ekaristi ini dimeriahkan oleh suara merdu para Novis dan beberapa suster dari Komunitas Profes. Melengkapi kegembiraan dan sukacita merayakan pesta pelindung komunitas, kami mengudang komunitas Profes untuk santap malam bersama dan rekreasi bersama di komunitas Novisiat.

“ Ya Yesus Raja Semesta Alam, Hendaknya Engkau Merajai juga seluruh diri dan perjalanan panggilan kami. Amin”

Berita/Laporan: Rebecha Nuban  (Novis II)

Foto: Sr. Fridolyanti Seran SSpS dan Sr. Filomena Bui, SSpS

Editor: Sr. Innes Maximiliani, SSpS
KomKom SSpS Timor

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *