Putra-Putri Arnoldus Janssen Provinsi Timor Adakan Lokakarya dan Retret AJS Gabungan Di Nenuk

  “BERKOBAR – KOBAR DALAM SEMANGAT GENERASI PENDIRI”

Komkom SSpS Timor News: Tim AJS Provinsi SSpS dan SVD Timor menyelenggarakan Lokakarya dan Retret Gabungan untuk para Novis SVD dan SSpS  selama 3 minggu Timor bertempat di Biara St. Yosef Nenuk. Para peserta berjumlah 33 orang, yang terdiri dari 26 Frater Novis dan 7 suster Novis SSpS.

Kegiatan ini dibuka dengan perayaan Ekaristi pada Selasa,06 Februari 2024, pukul 08.00 Wita, di Aula Biara St. Yosef Nenuk. Perayaan Ekaristi dipimpin oleh  P. Yohanes  Eduard, SVD (Provinsial SVD Timor) bersama para Socius Novisiat St.Yosef Nenuk. Dalam kotbahnya Pater Provinsial meminta para LokRetan untuk sungguh- sungguh  memanfaatkan moment ini dengan tinggal dan berakar dalam kasih Tuhan. Diakhir perayaan Ekaristi, kegiatan tersebut dibuka secara resmi dengan pemukulan gong oleh P. John Edu, SVD sebagai  provinsial SVD Timor, Sr. Filomena Bui,SSpS sebagai anggota Dewan Provinsi SSpS Timor dan 2 orang perwakilan dari para LokRetan.

Bertolak dari tema umum, “Tinggalah Dalam kasihKu” (Yoh. 15:19)  kami peserta LokRetan  dibekali dengan berbagai input yang diberikan oleh para pemateri diantaranya: Pater Karni Doman, SVD,  (Magister Novis) Pater Aris Gah, SVD,  P. Iden Tober, SVD, P. Mikhael Taneo, SVD, P. Edi Agun, SVD, P. Linu, SVD,  Br. Vinsen Knaofmone, SVD, Sr. Fridolianti Seran, SSpS,  (Maagistra Novis) Sr. Filomena Bui, SSpS (Pendamping Novis) dan Sr. Rosa Da Lima, SSpS. (Tim AJS SSpS Timor)

Kami mendalami materi tentang Sejarah Spiritualitas Arnoldus Janssen, Latar Belakang Spiritualitas Generasi Pendiri, Lima unsur Teologis Generasi Pendiri, Pertumbuhan dan Perkembangan Kapitel General SVD dan SSpS, juga materi tentang Kaul-kaul yang perlu dihayati dalam mengikuti Yesus yaitu kaul Kemiskinan, Ketaatan dan Kemurnian. Dan untuk lebih memperdalam pemahaman akan input- input yang telah diberikan, para LokRetan diajak untuk mengalami kasih Allah dalam kontemplasi Life History melalui nama-nama penuh kenangan cinta, pencinta- pencinta anonim, mengalami cinta Allah dalam penderitaan dan mengalami cinta Allah dalam alam semesta.

Setelah mendengarkan input para LokRetan diberi pertanyaan – pertanyaan refleksi agar  lebih mendalami input yang diberikan. Selanjutnya  para LokRetan pun masuk dalam kelompok basis untuk mensharingkan hasil refleksi dan kemudian diplenokan pada sore hari.   Kelompok basis yang dimaksudkan ialah kelompok generasi pendiri yakni kelompok St. Arnoldus Janssen, St. Yosef Freinademetz, Beata Maria Helena, Beata Yosepha Stenmanns, Muder Mikhaela, dan kelompok para bruder. Didalam kelompok-kelompok ini kami pun terbuka untuk berbagi pengalaman akan Allah melalui sharing kelompok dan berani menyumbangkan kreativitas dan menampilkannya dalam bentuk dramatisasi tentang latar belakang keluarga, karakter dan spiritualitas dari setiap generasi pendiri yang telah dibagikan.

Puncak dari kegiatan Lokakarya adalah Retret Terbimbing selama 8 hari. Kami membuka retret ini pada tanggal 19 Pebruari malam tepat pukul 20.00 Wita.  Pembukaan Retret  dipimpin oleh P. Kons Talung, SVD. Para pembimbing retret diantaranya adalah P. Lukas Uran, SVD, P. Kons Talung, SVD, Sr. Laurensina Namok, SSpS, Sr. Emiliana Bere, SSpS, Sr. Rosa Da Lima, SSpS. P. Karni Doman,SVD,  P.Aris Gah,SVD,  P. Iden Tober, SVD, P. Mikhael Taneo,SVD, P. Edi Agun, SVD, P.Linu,SVD, Br. Vinsen Knaofmone, SVD, Sr. Fridolianti Seran, SSpS,   dan Sr. Filomena Bui, SSpS.

Kami sangat bersyukur dan berterimakasih karena mendapat kesempatan untuk memperdalam hidup rohani melalui kontemplasi yang dilaksanakan sebanyak 4 kali dalam sehari  dan kemudian mensharingkannya kepada pembimbing sesuai dengan jadwal yang ditentukan. Melalui teks-teks yang diberikan, kami pun dihantar untuk menyadari kasih Allah yang tak bersyarat, dan  kami pun mampu membuat komitmen pribadi dan mempersembahkannya dalam perayaan Ekaristi penutupan Retret.

Kegiatan Lokret  AJS ini ditutup pada 27 Pebruari 2024 dengan misa penutupan yang dipimpin oleh P. Yohanes  Eduard, SVD (Provinsial SVD Timor). Pemukulan gong oleh Pater  Yohanes Eduard SVD, Provinsial SVD Timor dan Sr. Immelda Maria Obe, SSpS Provinsial SSpS Timor dan perwakilan dari 2 lokretan sebagai tanda kegiatan Lokakarya dan Retret Gabungan AJS ditutup secara resmi.

Berita: Novis Sr. Maria Petrodina dan Sr.Carla Hello

Foto: Sr. Fridolianty Seran, SSpS

Editor: Sr. Innes Maximiliani SSpS
KomKom SSpS Timor

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *