Buka Tahun Pendidikan dan Syukur Yayasan Pendidikan Regina Angelorum Timor Adakan Seminar Pendidikan Plus

Seminar Pendidikan Plus, Yayasan Regina Angelorum Timor. Dok. KomKom SSpS Timor

Menyemarakkan Tahun Belaskasih Kongregasi, Yayasan Regina Angelorum (YASRA) Timor pun pada Selasa 06 Pebruri 2024 membuka Tahun Pendidikan dan Tahun Syukur dalam Provinsi SSpS Timor  dengan  menggelar seminar bertajuk Pendidikan Plus dengan nara sumber utama Mgr. Dr. Dominikus Saku, Pr  Uskup Keuskupan Atambua, dengan fokus tema  ”Tergerak oleh seruan Tritunggal kita melakukan Tindakan belaskasih terhadap seluruh ciptaan melalui Pendidikan”.  Kegiatan ini berlangsung di Aula St. Arnoldus Janssen Atambua dan melibatkan para pendidik dan peserta didik dari 21 sekolah  yang  bernaung dibawah Yayasan Renina Angelorum dari tingkat TKK-SMA/SMKK.

Mgr. Dominikus mengatakan kegiatan seminar Pendidikan plus sangat penting untuk menanggapi berbagai macam kemelut yang masih ada dalam dunia Pendidikan melalui penaataan pendidikan yang masih terus  diupayakan karena terdapat macam-macam persoalan diantaranya kesenjangan didunia Pendidikan dan kehidupan sehingga seminar ini sebagai langkah untuk mewujudkan Pendidikan yang integral bagi peserta didik yang juga bagi putra-putri gereja, mulai dari jenjang PAUD- jenjang SMA. Dengan menawarkan solusi yang dinamakan dengan Pendidikan Plus.

Dalam paparan Materinya Uskup Dominikus mengajak agar peserta didik tidak hanya di didik untuk tahu baca, hitung dan tulis tetapi melengkapi Calistung berdasarkan kurikulum terpadu satuan pendidkan dengan menambahkan CALISTUNGKIRAAJA (Baca, hitung, tulis, berpikir, doa, dan kerja).  Menurutnya, selama masa pendidikan anak-anak juga perlu dilatih untuk bisa bekerja agar tidak tergantung pada pekerjaan yang disedikan oleh pemerintah tetapi anak-anak kita dapat menciptakan pekerjaan bagi diri sendiri dan orang lain dengan berbagai bekal keteampilan yang telah dipupuk selama proses belajar.

Diakhir materinya Mgr. Dominukus mengucapkan terima kasih kepada Suster provincial SSpS Sr. Immelda Maria Obe, SSpS, ketua yayasan Regina Angelorum Timor Sr. Sofia Taseseb, SSpS bersama jajarannya sambil menitip pesannya dengan harapan agar kegiatan seperti ini akan terus digaungkan sehingga pendidkan kita semakin maju menjadi lebih baik dengan insprasi yang lebih kuat pula dengan berlandaskan pada sabda Tuhan sehingga kehidupan kita semakin baik.

Setelah  mendengarkan input dari Bapa uskup Domi, kegiatan dilanjutkan dengan misa pembukaan tahun Pendidikan tahun syukur yang di pimpin oleh Mgr. Dr. Domikus Saku, Pr.

Sr. Sofia Taseseb, SSpS selaku ketua Yayasan Regina Angelorum Timor, menjelaskan kegiatan ini diselenggarakan untuk merayakan tahun Pendidikan dan tahun syukur yang merupakan program dari provinsi SSpS Timor. Lebih lanjut Sr. Sofia menyampaikan bahwa kegiatan ini melibatkan 21 sekolah yang berada dibawah naungan Yasra mulai dari Paud-SMA.

Setiap Lembaga Pendidikan memiliki tugas untuk berpartisasi aktif dalam menjalankan tahun Pendidikan dan tahun Syukur ini dengan melaksanakan kegiatan-kegiatan yang telah direncanakan bersama salah satunya adalah rekoleksi dan pendalam iman bertemakan Belaskasih.

Dalam sambutannya Provinsial SSpS Timor, Sr. Immelda Obe, SSpS mengajak para guru untuk mendidik siswa/i dengan belas kasih dan menjadikan Lembaga Pendidikan sebagai sekolah doa, sekolah katolik yang berkualitas dalam pelayanan yang berdasar pada belaskasih. Karena sebagai keluarga besar SSpS khususnya Yasra kita semua memiliki tanggung jawab untuk memajukan pendidikan yang berkualitas bagi anak-anak didik yang dipercayakan kepada kita. Hadirkanlah belas kasih dalam kata-kata, Tindakan dan ajaran-ajaran kepada siswa/i, karena dengan tindakan belaskasih saya percaya kita semua dapat menjadikan Lembaga Pendidikan ini sebagai tempat yang nyaman bagi anak-anak kita menimba ilmu, tandas  Sr. Imelda menutup sambutannya.

Berita: Sr. Veronika Bele Bau SSpS

Foto/Dok: Sr. Innes M SSpS-KomKom SSpS Timor

Editor: Sr. Innes M SSpS
KomKom SSpS Timor

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *