Spiritual

43 Novis SSpS dan SVD mengikuti Lokakarya AJS

Tim Spiritualitas Arnoldus Janssen (AJS) Provinsi SSpS dan SVD Timor, untuk sekian kalinya mengadakan Lokakarya dan Retreat Terbimbing untuk para Novis SSpS dan SVD yang berlangsung di Biara SVD Nenuk, 5 -17 Februari 2018. Untuk tahun ini Novis SSpS hanya mengikuti Lokakarya sedang Novis SVD Lokakarya dan Retreat terbimbing.

Kedua provinsial SSpS (Sr. Aloisia Teti) dan SVD (P. Didimis Nai) membuka resmi kegiatan ini dengan pemukulan gong yang berlanjut dengan perarakan menuju Aula untuk selanjutnya memulai ekaristi pembukaan. Adapun ritual perarakan berupa kitab Suci, Lilin bernyala, Globe, Salib diiringi tarian daerah Bajawa dan semua umat.

Peserta Lokakarya AJS terdiri dari 10 Novis SSpS dan 33 Novis SVD. Sedangkan Tim AJS ada 6 pendamping: 1 suster SSpS (Modestin Amsikan) dan 5 pastor SVD (John Edu, Yerem Amsikan, Alex Magu dan Karni). “Apakah engkau mengasihi AKU, lebih dari pada mereka ini? (Yoh 21:16) menjadi tema lokakarya yang dimaksudkan untuk membangkitkan semangat dan kerinduan para fromandi untuk semakin akrab dan mencintai Yesus.

Para Novis dibekali dengan berbagai informasi yang berawal dari sejarah Spiritualitas Arnoldus Janssen, latarbelakang lima unsur teologi generasi pendiri, pertumbuhan dan perkembangan kapitel general SVD dan SSpS, Identifikasi dengan Yesus melalui kaul-kaul.

Demi memperdalam pemahaman akan informasi yang telah diterima, para Novis di bimbing dalam kontemplasi untuk menemukan pengalaman pribadi akan kasih Allah berupa nama-nama penuh kenangan cinta, pencinta-pencinta tanpa nama, penderitaan (bimbingan berupa audiovisual) dan keindahan alam.

Adapun waktu untuk mensharingkan dan memplenokan pengalaman yang telah diperoleh. Untuk itu, para Novis di random dalam 6 kelompok yakni kelompok: St. Arnoldus Janssen, St. Yosef Freinademetz, Beata Maria Helena, Beata Maria Yosefa, Muder Michaela, dan para Bruder.

Setelah 13 hari dibekali dengan berbagai macam informasi dan pengalaman, kini Novis SSpS kembali ke Novisiat Halilulik sementara Novis SVD memulai retreat terbimbing yang akan berakhir 25 Februari. Keesokan harinya, 26 Februari rekreasi bersama para Novis SSpS, SVD dan para pendamping di pantai Sukaerlaran. Selain rekreasi ada juga evaluasi dan latihan koor.

Inilah, ungkapan syukur kepada Allah Tritunggal yang telah berkarya dalam diri setiap peserta dan pendamping selama berlangsungnya lokakarya dan retreat terbimbing. Terima kasih kami untuk tim Pimpinan Provinsi SSpS dan SVD Timor yang telah  menyediahkan waktu, sarana dan prasara. Syukur kami ini, terpadu dalam Ekaristi Kudus penutupan lokakarya dan retreat terbimbing, 28 Februari 2018.

Para peserta lokakarya dan retreat terbimbing ini, telah di bantu untuk membuat komitment sebagai penerus Spiritualitas Arnoldus Janssen, kenama dan dimana saja mereka akan pergi … mereka adalah duta Kasih Allah … Arnoldus Janssen dalam kotbahnya, 2 March 1879 setahun setelah perutusan Josef Freinademetz ke Cina mengatakan,Misionaris adalah duta besar Kasih Ilahi. Mereka harus mengungkapkan perbuatan Agung Allah dan mendirikan kerajaan Kasih Ilahi.”

Para Novis SSpS Timor – Halilulik

One thought on “43 Novis SSpS dan SVD mengikuti Lokakarya AJS

  1. Terimakasih atas berita yang aktual dan menarik ini, terjalin kerja sama SSpS n SVD dalam mendalami Spiritualitas dan Kharisma Pendiri kita Stu. Arnoldus Janssen .

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *